-->

Manfaat Buah Kesemek

Buah Kesemek
Gambar Buah Kesemek
Kesemek adalah nama sejenis buah-buahan dari marga Diospyros. Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan buah kaki, atau dalam bahasa Inggris dinamai Oriental (Chinese/Japanese) persimmon. Nama ilmiahnya adalah Diospyros kaki. (‘Kaki’, bahasa Jepang, adalah nama zat tanin yang dihasilkan buah ini).

Asal-usul dan penyebaran
Kesemek berasal dari Republik Rakyat Tiongkok, yang kemudian menyebar ke Jepang pada zaman purba dan dikembang biakkan di sana. Belakangan buah ini menyebar ke bagian lain Asia, dan pada masa kolonial pada tahun 1800an dibawa ke Eropa selatan dan Amerika (Kalifornia).

Buah ini cukup penting dalam tradisi Tiongkok dan Jepang, sehingga nilai komersialnya tinggi di sana. Kini komersialisasi produksi kesemek telah merembet dan meluas ke Selandia Baru, Australia dan Israel. Ekspor dari Israel inilah yang dinamai sebagai Sharon fruit.

Di Indonesia, Malaysia dan Thailand, produksi kesemek umumnya hanya cukup untuk konsumsi lokal. Sumatera Utara, khususnya wilayah Brastagi, di waktu lalu pernah secara tetap mengirimkan kesemek untuk Singapura; namun kini terhenti karena kualitasnya terdesak oleh kesemek produk negara-negara lain. Tempat-tempat lain di Indonesia yang menghasilkan kesemek di antaranya adalah Jawa Barat dan Jawa Timur, di mana buah ini ditanam pada daerah-daerah tinggi di pegunungan.

Berikut 10 manfaat kesemek untuk kesehatan tubuh :
  1. Mencegah pembuluh darah menjadi keras
  2. Menstabilkan tekanan darah
  3. Mencegah penyakit kanker
  4. Memperlambat penuaan dini
  5. Menjaga kelenturan pembuluh darah sehingga tekanan darah tetap normal
  6. Menjaga kesehatan organ paru-paru
  7. Memperkuat limpa
  8. Melangsingkan tubuh bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan
  9. Mencegah penyakit makula pada orang tua
  10. Meningkatkan produksi sel-sel darah merah sehingga kebutuhan sel-sel akan oksigen dan sari-sari makanan akan terpenuhi dengan baik
Di bawah Ini Tips Cara Mengolah Buah Kesemek Buat Obat Tradisional :
  • Mengatasi Hipertensi
Manfaat kesemek dapat dirasakan oleh tubuh hanya dengan mengkonsumsi langsung buah kesemek. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, buah kesemek juga dapat diolah menjadi jus segar. Minumlah jus buah kesemek setiap hari maka penyakit hipertensi yang diderita akan berangsur-angsur membaik.

Cara pengolahan buah kesemek lainnya yang dapat dijadikan sebagai obat adalah dengan cara dikeringkan. Buah kesemek yang telah dikeringkan dapat anda jadikan ramuan untuk dapat di minum. Cara pembuatannya juga sangat mudah :
  • Siapkan dua buah potong buah kesemek yang sudah dikeringkan
  • Masukkan ke dalam panci lalu beri air dan kukus hingga matang
  • Haluskan buah kesemek yang sudah dikukus dan haluskan
  • Tambahkan madu murni sebanyak 1 sendok lalu campurkan dan minum
  • Ramuan tradisional yang terbuat dari buah kesemek halus ini cukup efektif untuk menyembuhkan batuk berdahak dan asma.
  • Mengobati Sakit Perut
Nah, untuk menghilangkan sakit perut, anda bisa meredakannya dengan mengkonsumsi satu buah kesemek segar. Rasa nyeri dan panas pada perut pun akan hilang dengan sendirinya. Ada juga ramuan obat tradisional lainnya yang terbuat dari buah kesemek kering, yaitu ramuan tradisional untuk menyembuhkan diare atau disentri. Cara membuatnya :
  • Rebus 2 potong buah kesemek kering
  • Aduk hingga menjadi bubur
  • Lalu campur dengan perasan jeruk nipis dan beras ketan
  • Konsumsi ramuan obat dari kesemek kering tersebut sehari 3 kali
Sumber : Wikipedia

0 Response to "Manfaat Buah Kesemek "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel